Laman

Senin, 24 Desember 2012

LIBRE OFFICE (Modul 5)



Libre Office.org adalah sekumpulan aplikasi yang didesain khusus terintegrasi untuk mempermudah dan membantu Anda di tempat kerja, sekolah, rumah dalam menulis suatu dokumen, membuat chart yang dibuat di aplikasi  spreadsheet, membuat grafik dan membuat dokumen presentasi. LibreOffice.org, dikembangkan oleh Sun Microsystems.
LibreOffice.org datang dengan semua komponen Office yang dibutuhkan untuk bekerja sehari-hari:
·         Word processing (Writer)
·         Spreadsheet (Calc)
·         Presentation (Impress)
·         Database (Base)
·         Drawing/Graphics (Draw)
·         Formula/Math (Math)
·         Macro
·         dan lain sebagainya
Selain itu juga datang dengan berbagai fitur lain, yang bahkan belum bisa disediakan oleh Microsoft Office, diantaranya :
1.      Ketersediaan source code
LibreOffice.org adalah free/libre source software. Artinya, source code LibreOffice.org tersedia dan bisa dimanfaatkan dengan sangat fleksibel (sesuai lisensi GNU LGPL).
2.      Berjalan pada banyak platform
Microsoft Office hanya berjalan secara natif pada Windows dan Macintosh. Sementara, LibreOffice.org berjalan pada Windows, Macintosh, Linux, UNIX, BSD. Dengan menggunakan LibreOffice.org, Anda bisa menggunakan banyak pilihan sistem operasi.
3. Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya Dengan menggunakan LibreOffice.org, kita tetap bisa membuka dan menyimpan dokumen-dokumen yang dihasilkan dari Microsoft Office. Tidak hanya itu, LibreOffice.org juga bisa membuka dan menyimpan dokumen dari banyak paket office lain.
4.      Format LibreDocument yang terbuka dan fleksibel
LibreOffice.org 2.x menggunakan format dokumen LibreDocument, yang sangat terbuka. Sudah cukup banyak program yang bisa membuka dan menyimpan format LibreOffice.org.
5.      Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah
Dengan menggunakan LibreOffice.org, dokumen yang kita buat bisa langsung diekspor ke format lain, seperti PDF atau Flash dengan mudah.
6.      Macro dalam berbagai bahasa pemrograman
Macro dapat digunakan untuk mengembangkan fungsionalitas Office. Dengan LibreOffice.org, macro dapat dibangun dengan berbagai bahasa.
7.      Akses database yang luas dan transparan
LibreOffice.org datang dengan dukungan database yang luas. Dengan dukungan berbagai driver natif, ODBC dan JDBC
8.      Wizard untuk konversi dokumen MS Office
Cukup akses saja menu File -> Wizards -> Document Converter. Anda akan dipandu sehingga proses konversi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.
9.      Sangat customizeable
Gunakan menu yang ada dan dalam sekejap, tampilan LibreOffice.org Anda dijamin berbeda dengan pengguna lain!
10.  User interface yang konsisten antar komponen
Arsitektur program LibreOffice.org dan sistem komponennya dikembangkan dengan sangat baik. Salah satu akibatnya, user interface Writer, Calc, Impress dan komponen lain sangatlah konsisten. Kita bahkan bisa membangun macro untuk memanggil komponen tertentu dari LibreOffice.org.


 Materi lebih lengkap dapat didownload di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar