Laman

Senin, 24 Desember 2012

INTERNET (Modul 6)



INTERNET
Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia.
WEB BROWSER
WWW adalah layanan yang paling sering digunakan dan memiliki perkembangan yang sangat cepat karena dengan layanan ini kita bias menerima informasi dalam berbagai format (multimedia).
1.      Resource Sharing
Ø  Sharing File (Data, Program) : Suatu data yang kita punya bisa dibaca atau diakses oleh user(pengguna komputer) lain yang telah terhubung melalui jaringan (Network).
Ø  Sharing Device (CD-Drive, Harddisk, Printer) : Penggunaan suatu device bersama agar dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas kerja.
2.      Komunikasi dan Informasi
·         E-mail (Electronic Mail)
E-Mail merupakan metode pengiriman dokumen atau file melalui jaringan internet.
·         World Wide Web (WWW)
World Wide Web (www) merupakan bagian dari internet yang menyediakan berbagai jenis resource yang dapat ditampilkan oleh pengguna.
Ada berbagai jenis bidang resource yang tersedia dalam jaringan internet, mulai dari hiburan, informasi dunia, ekonomi, olah raga, dan lain – lain.
·         File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protocol (FTP) merupaka suatu cara yang mudah, murah dan cepat untuk mentransfer file atau arsip data dari server internet ke komputer anda atau sebaliknya.
·         Chat
Chat adalah suatu fasilitas dimana kita dapat berkomunikasi dengan orang lain dimanapun dia berada, baik satu orang ataupun banyak orang secara on-line (terhubung langsung) dan real time (pada saat itu juga).
·         Aplikasi Internet Lainnya
a)  SMS (Short Message Service) ialah fasilitas pengiriman pesan dari internet ke handphone. SMS ini tidak bias dilakukan secara dua arah.
b) WAP (Wireless Application Protocol) ialah fasilitas pengaksesan internet melalui handphone.
c)   VOIP (Voice Over Internet Protocol) ialah penggunaan telepon melalui intenet. VOIP merupakan teknologi penggabungan antara suara dan data.
d)  Tele Conference ialah seperti kita bertemu dengan orang lain untuk bertatap muka, tetapi dipisahkan oleh jarak dan waktu. Tele Conference ini merupakan teknologi penggabungan antara suara, data dan gambar.
e)   Mailing Lists merupakan pengembangan dari E-Mail, dimana melaui Mailing Lists ini kita dapat membentuk suatu grup tertentu dengan menggabungkan alamat – alamat E-Mail orang – orang yang akan bergabung ke dalam Mailing Lists tersebut.
BLOG (DIARY ONLINE)
Istilah blog atau merupakan kependekan dari web log, kini mulai banyak didengar seiring dengan makin canggihnya teknologi internet saat ini. Jika didefinisikan dari penggalan katanya web dan log maka dapat diartikan sebagai ”catatan perjalanan” yang tersimpan di dalam website. Untuk beberapa orang blog juga sering dianggap sebagai diary online, walaupun sebenarnya blog merupakan perpaduan personal homepage dengan catatan harian.
Namun, sesungguhnya dari kesamaan tersebut terdapat juga sebuah perbedaan yang mendasar antara keduanya, yaitu diary lebih bersifat tertutup dan tidak untuk dipublikasikan berbeda dengan blog yang bersifat terbuka bahkan mengizinkan orang memberikan komentar terhadap isi blog untuk menyatakan dukungan maupun kritik.
Syarat utama membuat blog disini adalah harus memiliki email gmail (email dari google, bisa mendaftar di gmail.com)
·    Langkah awal adalah mengunjungi situs blogger.com (www.blogger.com). Kemudian masukkan account google diikuti dengan menekan tombol SIGN IN. Berikan informasi untuk nama tampilan untuk di halaman awal dari blog kita. Pastikan menandai pilihan ”Saya menerima Persyaratan dan Layanan”, sebelum menekan tombol Lanjut.
·    Selanjutnya Anda sudah siap untuk menciptakan halaman blog utama kita. Bisa dilakukan dengan menekan tombol CIPTAKAN BLOG ANDA SEKARANG. Pada tahap ini berikan judul untuk blog beserta alamat situs yang diinginkan untuk blog. Alamat ini nantinya dapat diakses langsung melalui web browser seperti Internet Explorer (IE).
·    Langkah selanjutnya adalah penentuan tampilan (template). Ada beberapa tampilan yang bisa dipilih, tampilan disini meliputi tata letak dan pewarnaan. Pada saat Anda telah memilih template diikuti dengan menekan tombol Lanjut maka blog sudah jadi dan bisa diakses. Namun, disini kita juga bisa langsung memulai untuk posting informasi, modifikasi profile atau customize blog dengan menekan tombol MULAI POSTING.
·    Di dalam halaman posting ini terdapat sebuah editor layaknya editor pada saat menggunakan email. Dengan editor ini informasi akan ditampilkan di halaman blog kita. Hasil akhir blog Anda. Silahkan berkreasi lebih lanjut.

Materi lebih lengkap dapat didownload di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar