Laman

Minggu, 23 Desember 2012

INSTALASI DAN PENGENALAN OS WINDOWS (Modul 2)



PENGENALAN WINDOWS XP
Sistem operasi dibuat dengan salah satu tujuannya adalah mempermudah interaksi manusia sebagai pengguna dengan komputer. Perkembangan komputer yang sangat pesat terutama pada sisi perangkat keras juga dibarengi dengan munculnya beberapa sistem operasi yang menjadi alternatif antara lain DOS/Windows, Unix, Linux, Sun Solaris, IBM OS/2 dan MacOS
Windows dan Linux saat ini merupakan sistem operasi terpopular dan paling banyak digunakan. Windows banyak digunakan karena alasan kemudahan dan tampilannya yang indah sedangkan Linux banyak digunakan dengan alasan keamanan dan sifatnya yang open source. Dengan alasan open source dan tidak terikat lisensi saat ini mulai terjadi pergeseran pemakai terutama didunia pendidikan, banyak yang awalnya menggunakan windows dan solaris berpindah menggunakan Linux.
PENGENALAN DEKSTOP


Dekstop terdiri dari:


  1. Wallpaper : gambar background pada desktop
  2. Start Menu : daftar untuk memulai bekerja dengan aplikasi
  3. Quick Launch : cara cepat mengeksekusi aplikasi   
  4.  Taskbar : papan yang menunjukkan aplikasi yang dibuka bekerja 
  5. Short Cut : link dari papan aplikasi atau file yang ditempatkan di desktop.

WINDOWS EXPLORER


Windows terdiri dari:
1.      Menu
Memuat fitur-fitur yang ada pada Windows Explorer, berupa perintah-perintah dan konfigurasi dari tampilan Windows Explorer.
2.      Toolbar
Papan berisi short-cut perintah yang bisa digunakan pada Windows Explorer. Tidak semua short-cut ada pada toolbar, hal ini sesuai dengan konfigurasi (aturan) yang ditetapkan.
3.      Folder View
Pada windows Explorer, terdapat dua windows (jendela) yaitu folder view explorer disebelah kiri dan view disebelah kanan. Folder view hanya menampilkan folder-folder / direktori dan beberapa file zip, sedangkan explorer view menampilkan semua isi dari folder yang dipilih, kecuali file yang di-hidden.
4.      Path
Path adalah lebih lengkapnya address path merupakan alamat lengkap (path mutlak) dari folder yang dipilih pada folder view. Secara umum formatnya adalah
<Drive>\<Folder>\<Folder>\
5.      Status Bar
Merupakan deskripsi isi dari folder yang dipilih, biasanya berupa jumlah file/folder yang ada pada drive/folder yang dipilih. Hidden-file bisa terdeteksi dari status bar.

Materi lebih lengkap dapat didownload disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar